Keren, Kini Candi Borobudur Punya Jalur Khusus Disabilitas

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

air-travel.id – Candi Borobudur kini semakin “ramah” bagi para penyandang disabilitas. Sebab, baru-baru ini sudah tersedia jalur khusus bagi mereka agar bisa mengeksplorasi keindahan Candi Borobudur dengan lebih detail. Track khusus yang memiliki panjang sekitar 495 meter ini menghubungkan gerbang utama dengan spot terdekat candi. 

Menurut General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, l Gusti Putu Ngurah Sedana, track khusus yang akan memudahkan mobilitas kaum disabilitas ini cukup panjang. “Mereka akan semakin mudah menjangkau kawasan candi. Jalur ini memang didesain sedekat mungkin dengan candi,” tuturnya kepada media beberapa waktu lalu. 

Ngurah Sedana menjelaskan bahwa Pembuatan track khusus disabilitas menjadi respons cepat atas kebutuhan pasar. Sebab, Candi Borobudur juga kerap mendapatkan kunjungan spesial dari para penyandang disabilitas. Mereka tertarik untuk melihat dari dekat situs warisan dunia versi Unesco ini. 

Permukaan lintasan jalur dibuat lebih halus. Harapannya, kata Ngurah Sedana,track ini bisa dilalui kursi roda dengan mudah. Dengan begitu, pergerakan para kaum disabilitas di lingkungan Candi Borobudur semakin cepat. Selain itu,  pengelola juga menyediakan fasilitas tambahan kursi roda. 

“Permukaan jalur bagi kaum disabilitas dibuat lebih halus. Jadi pergerakan kursi roda akan lebih mudah sehingga penyandang disabilitas bisa bergerak sendiri,” tutur Ngurah Sedana. 

Hadirnya jalur khusus disabilitas kian melengkapi fasilitas Candi Borobudur. Sebelumnya, candi ini sudah memiliki Sentra Meditasi.

Posisinya berada pada sisi utara Hotel Manohara. Tepat menghadap Candi Borobudur. Fasilitas ini dibangun sebagai respon atas menjamurnya komunitas yoga di sekitar candi. 

Ngurah Sedana kembali menjelaskan bahwa berbagai fasilitas tambahan sebagai cara memikat wisatawan. “Ada banyak fasilitas tambahan yang diberikan Candi Borobudur. Dengan fasilitas lengkap dan terbaik ini, diharapkan arus masuk wisatawan semakin kuat,” ungkapnya. (bdn) 

Share.

Leave A Reply