Citilink Bakal Hapus Kebijakan Gratis Biaya Bagasi di Penerbangan Domestik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

air-travel.id – Maskapai penerbangan berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) Citilink Indonesia sepertinya bakal mengikuti langkah Lion Air dan Wings Air dalam hal layanan bagasinya. Sebab, baru-baru ini kebijakan bagasi cuma-cuma (free baggage allowance/FBA) yang diterapkan maskapai Citilink bakal dihilangkan per 12 Januari 2019 mendatang.

Informasi tersebut menyeruak berdasarkan surat edaran dari pihak manajemem Citilink yang diperuntukkan bagi sejumlah travel agent di Indonesia. Surat bernomor Citilink/JKTCGQG-020/I/2019 dan bertanggal 4 Januari 2019 itu menyebut bahwa pembelian tiket mulai tanggal 12 Januari 2019 tidak berlaku lagi pemberian bebas biaya bagasi (FBA).
Meski demikian, ketetapan pengenaan biaya terhadap bagasi tersebut hanya berlaku bagi seluruh penerbangan domestik, sedangkan layanan penerbangan internasional tetap berpedoman pada ketentuan yang telah ada. 

Selain itu, tiket yang sudah dibeli pelanggan sebelum tanggal 12 Januari 2019 masih mendapatkan FBA sebesar 20 kg. Sementara pelanggan Citilink yang memiliki keanggotaan Supergreen yang telah mendaftar pada sistem Citilink tetap mendapat jatah bagasi cuma-cuma 10 kg.

Tim manajemen Citilink juga menyebut pembelian paket bagasi tersebut bisa dilakukan melalui website dan aplikasi Citilink dengan ketentuan dapat dibeli saat atau setelah pembelian tiket, dan selambatnya 12 jam sebelum keberangkatan.

Sebelumnya, bisnis penerbangan di Indonesia dikejutkan oleh munculnya kebijakan yang diumumkan oleh maskapai Lion Air dan Wings Air yang memberlakukan kebijakan tarif bagasi serta barang bawaan untuk penerbangan domestik per 8 Januari 2019. 

Kedua maskapai itu juga membatasi berat barang jinjingan yang boleh dibawa ke dalam kabin pesawat maksimal 7 kilogram per penumpang. Adapun tarif bagasi yang dikenakan nantinya ditentukan berdasarkan rute yang ditempuh penumpang. (bdn) 

Share.

Leave A Reply