Bandara Kertajati Kembali Tawarkan Tiga Rute Domestik Baru

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

air-travel.id – Mengawali tahun 2019, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang biasa disebut Bandara Kertajati kembali membuka sejumlah rute penerbangan baru. Salah satu rute terbaru yang baru saja ditawarkan adalah Kertajati – Balikpapan. 

Rute baru ini akan dilayani oleh maskapai penerbangan Lion Air mulai 11 Januari 2019, dan rencananya akan dilayani setiap hari. Dijadwalkan, Lion Air akan mendarat di Bandara Kertajati pada pukul 12.00 WIB, lalu kembali melakukan penerbangan ke Kota Balikpapan pada pukul 13.40 WIB.
Menurut Direktur PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Muhamad Singgih, rute baru tersebut makin menambah jumlah layanan penerbangan Lion Air dan menandai dibukanya layanan domestik oleh maskapai tersebut. Sebelumnya, Lion Air juga telah melayani penerbangan internasional rute Kertajati – Madinah untuk penerbangan umrah sejak Oktober tahun lalu.

Bertambahnya penerbangan dari Bandara Kertajati, kata Singgih, juga menunjukkan cukup besarnya kebutuhan penerbangan bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya sehinga terkoneksi. “Apalagi hitungan catchment area atau wilayah cakupan di Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) plus Subang serta Tegal dan Brees mencapai 17 juta,” kata Singgih dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/1).

Selain Kertajati – Balikpapan, dua rute baru yang juga ditawarkan adalah Kertajati – Yogyakarta dan Kertajati – Jakarta. Berdasarkan rencana, kedua rute ini juga bakal dimulai pada 11 Januari 2019 dan akan dilayani oleh maskapai Wings Air.

Dua rute penerbangan tersebut dioperasikan tiga kali dalam sepekan, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat untuk rute Yogyakarta, serta Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk rute Jakarta. 

Singgih yakin, dengan bertambahnya layanan Lion Air ke Bandara Kertajati, hal itu akan menambah daftar pilih terbang masyarakat. Satu demi satu masuknya maskapai nantinya akan mempermudah konektivitas dan menjadikan Kertajati sebagai hub di Jawa Barat untuk terbang ke penjuru negeri.

“Ini akan menambah pilihan masyarakat untuk menentukan penerbangannya dari dan ke Kertajati. Sekarang bagaimana caranya kita Bandara dan maskapai harus memenuhi keterisian penumpang,” ungkap Singgih. (bdn) 

Share.

Leave A Reply