Garuda Indonesia Ditawari Kerja Sama Operasional oleh AirAsia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

air-travel.id – Hal yang mengejutkan bisnis dunia penerbangan di Indonesia kembali mengemuka di akhir tahun ini. PT Garuda Indonesia (Persero) mengatakan telah mendapatkan tawaran untuk melakukan kerja sama operasi (KSO) dengan PT Air Asia Indonesia (Persero). 

Meski demikian, menurut Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara, pihaknya belum memutuskan apa langkah yang akan diambil terhadap tawaran tersebut. Ari juga mengaku akan mempelajari peluang kerja sama dengan maskapai asal Malaysia tersebut. “Kami baru bicara-bicara saja, belum membicarakannya secara detail,” tutur Ari di Gedung Sarinah, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tapi Ari mengakui kekuatan AirAsia di dunia penerbangan internasional memang patut diperhitungkan. Kekuatan AirAsia yang cukup besar di taraf internasional pun,  kata Ari, nantinya bisa dimanfaatkan untuk mendorong PT Citilink Indonesia melebarkan sayapnya. “Kami akan lihat dulu potensi mereka,” tutur Ari. 

Jika KSO dengan AirAsia terwujud, nantinya ini akan menjadi kerjasama yang kesekian kalinya bagi Garuda Indonesia setelah sebelumnya menjalin hal yang sama dengan Sriwijaya Air.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan, membenarkan adanya peluang kerja sama maskapainya dengan Garuda Indonesia Group. Masing-masing maskapai, kata Dendy, memiliki kemampuan dan kelebihan tersendiri.  

Menurut Dendy, AirAsia yang merupakan bagian dari AirAsia Group merupakan maskapai penyumbang jumlah penumpang internasional terbesar di Indonesia, sementara Garuda Indonesia Group adalah salah satu yang terdepan pada segmen pasar domestik.

“Tapi pembicaraan yang berlangsung di antara kedua pihak masih dalam tahap awal dan belum ada keputusan yang diambil terkait dengan hal tersebut. Meski demikian, kami terbuka dengan berbagai bentuk kerja sama yang dapat mendukung perkembangan industri ini,” ungkap Dendy kepada media beberapa waktu lalu. (bdn) 

Share.

Leave A Reply