Wow! Ini Dia Pesawat Jet Terkecil di Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

air-travel.id — Tentunya Anda pernah menonton film James Bond 007 yang berjudul “Octopussy”. Dalam film action tersebut, ada adegan seru tatkala pesawat Bede BD-5J yang diterbangkan James Bond melesat masuk ke sebuah bangunan hanggar dan langsung keluar lewat pintu belakang untuk lepas dari kejaran rudal pencari panas yang mengincarnya.

Tahukah Anda kalau pesawat Bede BD-5J tersebut adalah pesawat bermesin jet yang terkecil di dunia?

Pesawat yang masuk dalam kategori FLS microjet ini hanya memiliki satu buah kursi. Panjang badannya hanya 4 meter dengan tinggi sekitar 1,75 meter. Panjang keseluruhan rentang kedua sayapnya pun tak lebih dari 17 kaki atau 5,1 meter.

Bede BD-5 dikembangkan pada tahun 1970 oleh Jim Bede, sang pemilik Bede Aircraft Company. Dengan berat kosong sekitar 162,7 kg, pesawat yang semua bahannya didominasi metal ini mampu membawa beban maksimal 370 kg.

Dalam keadaan full tank (30 galon), pesawat ini mampu menjelajah hingga 370 km. Hal itu sangat memungkinkan karena mesinnya didukung oleh Quantum Turbine System yang memberikan daya dorong sekitar 265 lbs.

Meskipun mungil, Bede BD-5 berkinerja tinggi dan mampu melakukan gerakan-gerakan aerobatik. Kecepatan terbangnya pun bisa mencapai 320 mph atau 515 Km per jam.

Dengan penampilan unik dan kemampuan luar biasa tersebut, tak mengherankan bila Bede BD-5 acap menjadi bintang di pameran-pameran dirgantara di seluruh dunia. (bdn)

=============
Photo from revivaler.com

Share.

Leave A Reply